Minggu , Desember 4 2022

Puasa Senin-Kamis: Solusi Terbaik Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Media NU- Menjalankan ibadah puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, baik laki-laki dan perempuan. Kewajiban ini berlaku apabila sudah sampai pada bulan Ramadhan, dengan lama pelaksanaannya 1 bulan penuh.
Puasa jika dicermati dari aspek pengertiannya, berasal dari kata shama-yashumu-shiyaman yaitu menahan diri dari makan, minum, dan segala yang membatalkan puasa sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat ikhlas karena Allah Swt. Dalam kitab Minhajul Muslim terjemahan oleh Syekh Abu Bakr Jabir al Jaziri hal 413 disebutkan puasa secara bahasa adalah menahan. Menurut syari’at adalah menahan dengan niat ibadah dari makanan dan minuman, dan semua yang membatalkan sejak terbitnya fajar sampai terbenam matahari.
Pengertian di atas secara eksplisit mengindikasikan sebuah kondisi dimana tubuh kita diistirahatkan seharian penuh, tanpa ada satupun asupan makanan dan minuman. Kekosongan inilah menjadikan tubuhnya kurang berstamina seiring perputaran waktu menuju akhir dari proses ibadah puasanya.
Terlepas dari ujian kesabaran yang harus dijalankan agar puasanya sah, ada hal penting yang akan diperoleh jika bisa melaksanakan dengan baik. Bisa ikut merasakan penderitaan orang yang kelaparan, lumbung pahala dengan ganjaran yang berlipat ganda jika selalu membaca Al Qur’an, menjalankan ibadah sunnah dan ikut berbagi dengan sesama, dan yang terpenting lainnya adalah bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Semua itu bisa didapatkan jika dilakukan dengan penuh keikhlasan di bulan Ramadhan.
Kewajiban ibadah puasa hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan, di bulan lainnya jelas tidak ada ketentuan yang mengaturnya. Untuk itulah jika ingin meningkatkan kesehatan dengan alternatif menjalankan ibadah puasa, maka bisa dilakukan dengan melakukan ibadah salat sunnah, salah satunya puasa Senin-Kamis.
Mengenai anjuran ibadah puasa, sudah diperintahkan dan dcontohkan oleh nabi Muhammad Saw. melalui sabdanya berikut ini:
“Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit)pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan pada saat aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).
Diriwayatkan pula dari Aisyah ra., ia mengatakan: “Rasulullah Saw. sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Imam Ahmad).
Melalui dua hadis inilah, menjadi bukti akan kuatnya anjuran dan manfaat yang akan diperoleh jika bisa melaksanakan ibadah puasa Senin dan Kamis. Salah satu manfaat penting yang bisa diperoleh adalah bisa meningkatkan kesehatan tubuh.
1. Mencegah diabetes
Penyakit diabetes muncul karena diakibatkan oleh tingginya kadar gula merah. Dengan melakukan ibadah puasa, maka akan mengurangi konsumsi gula, sehingga resiko diabetes bisa ditekan.
2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Puasa bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh akan terus meningkat bahkan sampai 10 kali lipat. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah sakit apalagi terserang penyakit.
3. Turunkan kadar lemak
Dengan tidak adanya asupan makanan ke dalam tubuh, maka dipastikan lemak dalam tubuh akan hilang, dan bisa menuju titik terendah. Dilansir dari EksposKaltim.com pada 08 Juni 2022 bahwa ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sri Maryuni, Setyo Nugroho, dan Aulia Rahman dalam jurnal Vokasi Keperawatan yang menyebutkan bahwa kadar lemak yang berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kolesterol dan jantung. Dengan turunnya kadar lemak makan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit.
4. Turunkan berat badan
Senantiasa berpuasa khususnya Senin dan Kamis maka akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh akan ikut meningkat. Dengan begitu, resiko akan timbulnya obesitas akan bisa berkurang, bahkan yang ingin berniat untuk menurunkan berat badan yang berlebih akan tercapai.***
Penulis: Khazin; sekretaris LTN NU Kota Denpasar dan WK 1 PW IPNU Bali

About Khazin Ma Leo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *