Minggu , November 27 2022

Gus Yahya Terpilih Dalam Muktamar NU Ke-34, Berikut Biografi dan Kiprahnya Selama Mengabdi di NU

Media NU –  KH. Yahya Cholil Staquf atau yang biasa dikenal Gus Yahya, terpilih sebagai ketua umum PBNU 2021-2026. Setelah memenangkan proses pemilihan atas KH. Said Aqil Siraj dalam muktamar NU yang ke-34 di Lampung dengan perolehan suara 337 berbanding 210 suara.

Gus Yahya yang sebelumnya menjabat sebagai Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama periode 2015-2020, lahir pada 16 Februari 1966 di Rembang, Jawa Tengah. Kakak dari Menteri Agama saat ini, Gus Yaqut Cholil Qaumas ternyata dibesarkan dari keluarga santri.

Pernah nyantri di pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, Jawa Tengah, lalu berlanjut ke pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta asuhan KH. Ali Maksum. Jenjang perguruan tinggi, beliau melanjutkan pendidikannya di fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada.

Ayah Gus Yahya, KH. Cholil Bisri adalah tokoh yang cukup disegani di NU, dan bersama Gus Dur ikut berperan dalam pendirian partai PKB. Selain itu, Gus Yahya merupakan keponakan dari ulama kharismatik NU, yaitu KH. Mustafa Bisri, atau yang akrab dipanggil Gus Mus

Pada masa kepimpinan Gusdur, Presiden keempat RI Gus Yahya menjadi juru bicara kepresidenan dan di masa Jokowi menjadi Dewan Pertimbangan Presiden  (Wantimpres) yang dilantik di Istana Negara pada Kamis, 31 Mei 2018.

Selama mengabdi di NU, Gus Yahya kerap menjadi pembicara di forum-forum internasional. Pada Juni 2018, menjadi pembicara dalam forum American Jewish Committee (AJC)  di Israel.

Pada Juli 2021, menghadiri pertemuan lintas agama di Masjid Raya Muhammad, Washington DC, Amerika Serikat. Dalam forum tersebut berupaya menjelaskan istilah Islam Nusantara sebagai sebuah identitas keberagaman masyarakat Indonesia.***

Pewarta               : Khazin

Editor                  : Ardiansyah

About admin

Check Also

Ranting NU Panjer Bersama Majelis Taklim se Kelurahan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Media NU – Kemeriahkan gelaran maulid di bulan rabiul awal 1444H di rasakan umat muslim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *