Senin , Desember 5 2022

Pencegahan Dini Kanker Serviks, MUI PUSAT Dan Baznas lakukan Roadshow Lewat Tes IVa

MEDIA-NU.COM – Di pengujung tahun 2021 Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerjasama dengan BAZNAS melakukan langkah yang dini penanggulangan mencegah kanker serviks kepada para perempuan, khususnya para muslimah.


Berkaitan hal ini, Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Program Nasional Test Iva (Inspeksi Visual Asam Asetat).


Acara digelar pada Sabtu dan Minggu, 27-28 November 2021 di Rumah Sehat Madani Denpasar.


Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Bali, Dra. Hajah Rahmani menerangkan, kegiatan ini merupakan fasilitasi perempuan dalam melaksanakan pemeriksaan IVA agar mengetahui dan mencegah dini kanker serviks.
“Kegiatan berupa pemeriksaan serviks oleh tenaga kesehatan pada ibu-ibu yang sudah menikah,” terang Rahmani.


Ketua Komisi Perempuan Remaja, dan Keluarga MUI Pusat, Siti Ma’rifah mengatakan, kegiatan ini berupa seremoni launching Program Nasional Test IVA bagi Perempuan Indonesia di 34 Provinsi, termasuk Bali.
Dikatakan, tes IVA adalah tes fasilitasi perempuan dalam melaksanakan pemeriksaan IVA agar mengetahui dan cegah dini kanker serviks.


Kegiatan berupa peresmian dan ceramah kesehatan yang dilaksanakan pada Sabtu 27 November 2021 di Hotel Quest San Denpasar.

Pesertanya, pengurus MUI Provinsi Bali, Pimpinan ormas Islam perempuan se-Bali juga dihadiri oleh MUI Pusat, pengurus BAZNAS Pusat maupun BAZNAS provinsi bali, pemprov provinsi Bali dan pemkot Denpasar.
Diharapkan setelah acara ini , Gerakan Tes IVA untuk perempuan indonesia bisa dilaksanakan di provinsi lain di seluruh Indonesia.


“Dengan demikian perempuanlebih peduli pada kesehatan dan senantiasa deteksi dini terhadap timbulnya gejala2 kanker serviks,” pungkas Siti Ma’rifah. ***

Kontributor : MUI Provinsi Bali

Editor : Ardiansyah

About admin

Check Also

Pelantikan Pengurus Ranting NU Pemecutan Kaja

Media NU – Sabtu (05/11/2022) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Denpasar melantik pengurus ranting …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *