Rabu , November 23 2022

Tasyakkuran Wisuda Yanbu’a Ke-X Cetak Generasi Qur’ani

MEDIA NU – Yayasan Yanbu’a Bali kembali menggelar tasyakkuran khatmil Qur’an ke-X dan wisuda Juz Amma yang ke-IV Ini untuk memberikan apresiasi atas pencapaian pembelajaran dalam membaca, menghafalkan dan menulis Al-Qur’an.


Bertempat di Kebun Raya Bedugul Tabanan Minggu, 6 Juni 2021 , peserta yang hadir dalam acara tersebut secara keseluruhan berjumlah sekitar 120 lebih yang berasal dari TPQ se-Bali dengan dihadiri undangan dari wali santri beserta keluarga dari wali santri. Undangan khusus yaitu KH. Imam Baghowi Burhan Al-Hafidz, Pengasuh PP Tahfidzul Qur’an Yasinat, Kesilir, Wuluhan, Jember. Beliau juga pengasuh LMY (LAJNAH Muroqobah Yanbu’a ) Jember, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi dan Bali.


Prosesi Khotmil Qur’an yang dimulai sekitar jam 08:30 WITA, diawali dengan pembacaan tawassul. Kemudian secara berjamaah para khotimin-khotimat membaca surat pendek dan ditutup doa Khotmil Qur’an. Dilanjutkan nasehat oleh KH Imam Baghowi Burhan Al Hafidz. Dan tanya jawab secara spontanitas oleh pengurus kepada peserta khotimin-khotimat. Kemudian pembacaan nominasi santri terbaik dan lembaga terbaik.


Di tengah dinginnya alam pegunungan, ternyata proses pelaksanaan acara berjalan lancar dan didukung oleh banyak pihak. Sebagaimana yang diungkap Alvin Syafi’i selaku ustadz dan salah satu pengurus Yanbu’a Bali. “saya turut bersyukur atas pencapaian acara ini, karena prosesnya berjalan lancar. Selain didukung oleh pihak pengurus dan simpatisan, acara ini juga mendapat partisipasi langsung dari sahabat-sahabat banser Baturiti yang turut membantu mengamankan acara ini,” tandasnya.


Acara ini setidaknya memberikan gambaran bahwa upaya melestarikan generasi yang qur’ani ternyata banyak diapresiasi oleh banyak pihak, meski secara kehidupan sosial berada di pulau Bali yang notabene beragama Hindu. Akan tetapi harmonisasi hidup yang penuh dengan tingginya solidaritas inilah yang memunculkan sikap integritas antar umat beragama. Semoga keistiqamahan dari para santri, dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an tetap ada khususnya bagi santri yang sudah diwisuda. (Khazin-ard)

About admin

Check Also

Ranting NU Panjer Bersama Majelis Taklim se Kelurahan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Media NU – Kemeriahkan gelaran maulid di bulan rabiul awal 1444H di rasakan umat muslim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *