Kamis , November 24 2022

Tingkatkan Literasi, Kader LTN NU Kota Denpasar Ikuti Pelatihan Jurnalistik

MEDIA NU – Media informasi berkembang begitu cepat dan pesat. Ditandai menjamurnya platform digital dengan varian konten yang memanjakan mata. Terlebih peningkatan pendapatan masyarakat tidak saja mengedepankan penghasilan dari pekerjaan yang memerlukan tenaga fisik, cukup dengan menguasai media informasi atau media sosial kita bisa mendapatkan income.

Lembaga Ta’lif wan Nasr (LTN) NU Kota Denpasar yang berfokus mengembangkan literasi penulisan, penerjemahan , penerbitan buku dan kitab serta media informasi saat ini mencoba menawarkan informasi yang berfokus pada konten ke-Islaman yang bernafaskan Islam Ahlussunah Wal Jama’ah an Nahdliyah.


Menjawab tantangan tersebut, para awak redaksi Media NU dibawah payung LTN NU Kota Denpasar mengikuti pelatihan jurnalistik di Sekretariat PCNU Denpasar, Sabtu 5 Juni 2021.

Menghadirkan wartawan senior Jawa Pos Radar Bali, M Ridwan. Kapasitas keilmuan yang didukung oleh pengalaman selama 20 tahun nyata mampu memberikan banyak ilmu baru bagi kader-kader pengurus guna mengakeselerasi media digital yang dimiliki.

“Kita harus yakin akan pilihan sebagai seorang jurnalis. Sebab dari pegiat pers inilah nantinya bisa menghadirkan informasi-informasi baru yang dapat dikonsumsi oleh publik. Kita belajar dan bergerak menjadi media professional,” tandas Ridwan.


Materi yang diberikan seputar dasar-dasar ilmu jurnalistik dan anatomi berita. Ini menurutnya penting sebagai bekal awak LTN NU Denpasar ketika melakukan peliputan di lapangan maupun membuat artikel timeless.
Antusiasme peserta jelas sangat tinggi ketika proses diskusi berlangsung. Salah satunya yaitu Syafi’i yang menanyakan seputar kelayakan sebuah informasi ketika judul berita yang disajikan tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

Adanya dialog yang antraktif antara penyaji dengan peserta pelatihan menunjukkan bahwa kader jurnalis yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama di Kota Denpasar layak dan patut untuk diperhitungkan, terlebih upaya syi’ar di pulau Bali jelas membutuhkan modal keilmuan yang mumpuni. (khazin-ard)

About admin

Check Also

Ranting NU Panjer Bersama Majelis Taklim se Kelurahan Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Media NU – Kemeriahkan gelaran maulid di bulan rabiul awal 1444H di rasakan umat muslim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *